-->

Apa Itu Wibu? Inilah Pengertian, Ciri, dan Bedanya Dengan Otaku

Apa Itu Wibu? Inilah Pengertian, Ciri, dan Bedanya Dengan Otaku
Apa Itu Wibu? Inilah Pengertian, Ciri, dan Bedanya Dengan Otaku - Pada saat kamu sedang berada di media sosial, mungkin kamu akan sering melihat kata "wibu". Meskipun sudah sangat sering disebutkan di media sosial, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu wibu.

Weeaboo atau biasanya disebut wibu seringkali disebutkan saat sedang membahas soal anime atau negara jepang. Nah, dari sana kamu pastinya sudah mendapatkan gambaran tentang apa itu wibu kan?

Nah, disisi lain, juga hadir kata yang sudah familiar di indonesia. Kata yang sedang saya bicarakan adalah kata Otaku. Nah, tidak jauh beda, kata ini juga sering disebut-sebut di sosial media saat kita sedang membahas soal anime dan negara jepang.

Kata wibu dan otaku sendiri sangat berbeda walaupun sering disebut-sebut di saat yang bersamaan. Kedua kata tersebut justru saling bertolak belakang. Nah, pengen tahu apa itu wibu dan otaku? Pengen tau apa beda diantara keduanya? Simak ulasan berikut yah!

Apa Itu Wibu dan Otaku? Inilah Artinya

Weeaboo atau wibu adalah julukan buat orang yang sangat teropsesi dengan hal-hal yang berbau Jepang. Mulai dari anime, bahasa, hingga budaya Jepang. 

Sementara itu, Otaku adalah kata dari bahasa Jepang yang jika diartikan ke bahasa indonesia adalah "orang yang ahli".

Misalnya saja, ada orang yang ahli dalam gaming. Maka dia bisa kita juluki sebagai "Game Otaku".

Nah, setelah mengetahui kedua arti kedua kata tersebut, kamu nggak akan kebingungan saat kamu menemukan kata tersebut di sosial media. Kamu juga sudah tahu bedanya kan? Jadi kamu nggak akan misunderstood tentang kedua julukan tersebut.

Ciri-Ciri Wibu

Berikut ini adalah ciri-ciri wibu. Tapi yang perlu kamu ingat, ciri ciri ini tidak bisa dijadikan patokan. Bila ada orang yang memiliki sifat satu dari ciri-ciri dibawah, bukan berarti dia bisa disebut sebagai wibu.

  • Terobsesi dengan budaya jepang. Wibu biasanya menganggap kalau budaya jepang lebih superior dari budaya negara asalnya sendiri.
  • Memiliki segudang pengetahuan mengenai budaya dan bahasa Jepang.
  • Sering menggunakan bahasa Jepang dalam sosial media maupun kehidupan sehari-hari mereka.
  • Biasanya mereka mencampurkan bahasa Jepang dan bahasa aslinya atau menyebutkan kalimat bahasa jepang dengan salah karena keterbatasan pengetahuan.
  • Sangat teropsesi dengan anime, manga, dan karya lainnya sesuai dengan budaya pop dari Jepang.

Nah, sekarang kamu sudah tahu ciri-ciri dari seorang yang pantas disebut dengan wibu.

Jenis-Jenis Wibu

Wibu juga memiliki beberapa jenis yang perlu kamu ketahui. Nah, berikut ini penulis akan menguraikan beberapa jenis dari wibu yang perlu kamu ketahui.

Wibu Tidak Sempurna

Kamu sudah tahu ciri-ciri wibu di atas kan? Nah, bila kamu atau teman kamu memiliki ciri-ciri diatas tapi tidak semuanya, maka kamu atau teman kamu tersebut pantas disebut sebagai wibu tidak sempurna.

Orang yang termasuk kategori ini biasanya hanya fanatik dengan anime atau manga, tidak dengan budaya-budaya jepang.

Wibu

Wibu jenis ini termasuk wibu yang bisa dibilang sedikit normal. Wibu jenis ini biasanya tertarik dengan bahasa, budaya, dan segala hal yang berkaitan dengan negara Jepang. Wibu jenis ini biasanya mempunyai waifu atau husbando.

Wibu Super

Nah, tingkat teratas dari jenis-jenis wibu adalah Wibu Super. Wibu yang sudah masuk ke tahap ini biasanya sudah akut dan sangat sulit untuk lepas dari hal-hal yang berbau Jejepangan. Tahap terakhir dari wibu ini adalah jarang memikirkan tentang kehidupan aslinya.

Wibu jenis ini sangat tertarik bahkan cinta dengan bahasa, budaya, dan segala hal yang berkaitan dengan Jepang bahkan melebihi cintanya kepada negaranya sendiri (menganggap jepang lebih superior daripada negaranya sendiri).

Wibu jenis ini cukup sulit ditemukan, tapi admin sudah pernah bertemu dengan wibu jenis ini (itulah yang menginspirasi saya untuk buat artikel ini, hehe).

Wibu Bau Bawang

Nah, istilah ini baru saja muncul. Istilah Wibu Bau Bawang dibuat oleh seorang YouTuber tanah air yang kontennya memuat segala hal berbau toxic yaitu Ericko Lim. Istilah ini ditujukan pada orang-orang yang tertarik pada hal yang berbau jejepangan.

Bisa dibilang, orang yang disebut Wibu Bau Bawang adalah gabungan antara Wibu dan Wibu Super diatas. 

Jadi, Apakah Kamu Seorang Wibu Atau Otaku? 

Nah, sekarang saya akan bertanya, apakah kamu seorang wibu? Atau Otaku? Kalo admin sendiri sih bisa dibilang wibu nggak sempurna atau cuman anime fans. Kalo kamu? Coba beritahu admin lewat komentar yah!

Baca Juga :  Apa Itu Artikel? Inilah Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Artikel

Yah, itulah bagaimana Apa Itu Wibu? Inilah Pengertian, Ciri, dan Bedanya Dengan Otaku, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Bila ada pertanyaan, jangan segan-segan bertanya melalui kolom komentar dibawah ya!

0 Response to "Apa Itu Wibu? Inilah Pengertian, Ciri, dan Bedanya Dengan Otaku"

Post a Comment

Sudah Selesai membaca artikel di atas? Berikan kami tanggapan anda pada komentar dan kami akan membantu anda sebisa mungkin jika anda ada masalah.

Jika berkomentar harap perhatikan hal di bawah ini:

*Komentar yang mengandung unsur Pornografi, Promosi, dan yang mengandung link tidak akan di publikasikan.

*Tidak semua komentar dapat kami balas, jadi apabila komentar anda tidak di balas, kami mohon maaf.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel