-->

Apa Itu Artikel? Inilah Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Artikel

Apa Itu Artikel? Inilah Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Artikel
Apa Itu Artikel? Inilah Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Artikel - Dalam kehidupan sehari-hari kita pastinya sering mendengar kata "artikel". Yap, artikel sering kali kita dengar. Tapi, apakah kalian tahu apa itu artikel?

Pengertian dari apa itu artikel sendiri bermacam-macam. Perngertiannya datang dari berbagai sumber. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk membagikan semua hal yang perlu kamu ketahui mengenai artikel.

Mulai dari apa itu artikel, ciri artikel, jenis artikel, dan contoh artikel. Silahkan simak ulasannya berikut ini ya!

Baca juga : Cara Menulis Artikel di Blog Dengan Baik

Apa itu Artikel?

Pengertian Artikel Menurut WikiPedia

Sebuah artikel adalah karya tulis yang diterbitkan dalam media cetak atau elektronik. Mungkin untuk tujuan menyebarkan berita, hasil penelitian, analisis akademis, atau debat

Pengertian Artikel Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, artikel merupakan karya tulis lengkap, sebagai contoh, artikel adalah sebuah karya tulis lengkap seperti Esai/laporan berita dalam majalah, koran/surat kabar, dan lain sebagainya.

Pengertian Artikel Menurut Ensiklopedia Pers Indonesia (EPI)

Jika menurut Ensiklopedia Pers Indonesia atau EPI, artikel dapat didefinisikan sebagai karangan yang berbentuk prosa yang diterbitkan di media massa. Topik dari artikel itu sendiri dibahas secara lugas.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

  • Menurut Haris Sumadiria, artikel adalah tulisan lepas yang mengandung opini ataupun pendapat dari penulis yang membahas secara tuntas tentang suatu permasalahan dengan tujuan mempengaruhi, memberitahui, meyakini, atau menghibur para pembacanya.
  • Menurut Rillan E. Wolsey, artikel adalah karangan tertulis dengan panjang yang tidak tertentu yang dibuat untuk menyampaikan gagasan dan fakta untuk mendidik, meyakinkan atau menghibur para pembacanya.
  • Menurut Al Aqli, artikel adalah suatu karya tulis yang ditulis oleh masing-masing orang yang menguasai suatu topik yang dibahas karena setiap pembahasannya dibahas secara tuntas.

Ciri Artikel

Berikut ini adalah ciri-ciri sebuah artikel.

  • Isi artikel dibuat sesuai dengan fakta dan realita. Tidak hanya sekedar ekspektasi.
  • Artikel berisi tulisan yang singkat, padat dan jelas namun dibahas secara tuntas sehingga artikel menjadi berbobot.
  • Merupakan hasil tulisan yang original.
  • Bersifat faktual. Ditulis sesuai dengan data yang diterima oleh penulis.
  • Gagasan yang dibahas harus menyangkut kebutuhan khalayak umum beserta para pembacanya.
  • Topik maupun isi dari artikel yang diangkat bisa berupa kisah perjalanan seseorang, biografi seseorang, peristiwa, hasil riset, berita terkini, argumentasi, dan lain sejenisnya.

Jenis Artikel

Artikel dapat dibedakan sesuai dengan tata penulisan dan fungsinya. Fungsi dari setiap jenis artikel sendiri masing-masing memiliki peran penting. Nah, berikut ini kami uraikan beberapa jenis artikel yang harus kamu ketahui.

Eksposisi

Nah, jenis artikel yang satu ini biasanya berisi deskripsi atau penjelasan yang digunakan untuk informasi tambahan atau pengetahuan untuk para pembacanya. 

Didalam jenis artikel ini, kamu bisa menambahkan data media seperti gambar, grafik atau statistik untuk memperjelas deskripsi yang kamu berikan.

Narasi

Narasi merupakan jenis artikel yang memuat sebuah cerita. Narasi merupakan cerita yang ditulis secara kronologis. Artikel berupa narasi dapat dibuat berdasarkan fakta maupun fiksi.

Argumentasi

Argumentasi merupakan elemen dari artikel yang dibuat dengan tujuan untuk membenarkan pendapat. Mau itu dengan cara menambahkan kesimpulan dengan data, fakta sebagai alasan, ataupun bukti lainnya yang dapat memperkuat keyakinan pembaca akan pendapat penulis.

Persuasi

Jenis artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengendalikan emosi beserta tindakan para pembaca. Pembuat artikel jenis persuasi ini mengharapkan ada tindakan dari para pembaca sesuai dengan rekomendasi penulis.

Singkatnya, artikel jenis persuasi adalah artikel yang dibuat dengan tujuan untuk mendorong para pembaca untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang penulis rekomendasikan di dalam artikelnya.

Contoh Artikel

Berdasarkan apa yang saya sampaikan diatas, mungkin kamu sudah dapat mengetahui bagaimana contoh dari artikel. Apa yang sedang kamu baca ini jugalah merupakan salah satu contoh dari artikel.
Yah, itulah bagaimana Apa Itu Artikel? Inilah Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Artikel, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang membutuhkan ya! Bila ada pertanyaan, jangan segan-segan bertanya melalui kolom komentar dibawah ya!

0 Response to "Apa Itu Artikel? Inilah Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Artikel"

Post a Comment

Sudah Selesai membaca artikel di atas? Berikan kami tanggapan anda pada komentar dan kami akan membantu anda sebisa mungkin jika anda ada masalah.

Jika berkomentar harap perhatikan hal di bawah ini:

*Komentar yang mengandung unsur Pornografi, Promosi, dan yang mengandung link tidak akan di publikasikan.

*Tidak semua komentar dapat kami balas, jadi apabila komentar anda tidak di balas, kami mohon maaf.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel